Wasit Liga 1 2022/2023 Dikritik Usai Sahkan Gol Offside dan Abaikan Pelanggaran Pinalti

ABOUTSEMARANG – Laga lanjutan Liga 1 2022/2023 yang sudah mulai digelar tentunya mendapatkan berbagai sorotan dari masyarakat. Mengingat kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia ini sempat vakum beberapa waktu.

Seperti diketahui, kompetisi Liga 1 resmi digelar setelah melalui berbagai evaluasi besar-besaran. Namun, nampaknya masih ada hal-hal yang luput dari evaluasi tersebut.

Hal ini lantaran banyak yang menilai kinerja wasit di Liga 1 tidak maksimal dan malah melakukan banyak kesalahan.

Seperti pada pertandingan Liga 1 Selasa, 13 Desember 2022 yang menjadwalkan 6 klub bertanding yaitu Persebaya Surabaya vs Persik Kediri, Persita vs Rans Nusantara, dan PSIS vs Persija.

Diketahui dari dua pertandingan pada hari tersebut ada berbagai keputusan dari wasit yang menjadi kontroversial.

Adapun beberapa keputusan kontroversial tersebut di antaranya saat laga Persebaya vs Persik Kediri, wasit yang bertugas pada saat itu dianggap melakukan banyak kesalahan yang dianggap merugikan.

Pada laga Persebaya vs Persik, pertandingan berjalan sama kuat dengan skor 1-1. Sementara, pada penghujung laga, Persebaya mendapatkan peluang untuk mencetak gol saat pergerakan pemain Persebaya, Ahmad Nufiandani berhasil mengecoh kiper Persik, Dikri Yusron

Namun, peluang tersebut gagal lantaran terlihat Yusron sempat mendorong Nufiandani hingga terjatuh di kotak penalti.

Sayangnya pada saat itu wasit hanya bergeming dan tidak memberikan penalti untuk Persebaya. Padahal itu sudah jelas sebuah pelanggaran di kotak pinalti.

Akibat keputusan kontroversial dari wasit itu, banyak netizen di media sosial mengkritik kinerja wasit.

Selain itu, banyak juga yang menyayangkan hal tersebut terjadi di Liga 1. Mengingat Liga 1 menjadi salah satu kompetisi sepak bola bergengsi di Indonesia.

BACA JUGA :   Jadwal dan Link Streaming Nonton BRI Liga 1 Selasa 26 Oktober 2021: PSIS Semarang vs Persib Bandung

“Besok kelucuan apalagi yang dibuat oleh wasit wkwk,” kata akun @ya**.

“Pantes tanpa penonton, soalnya kalo main pake penonton dan wasitnya kek gini terus, keknya nya setiap pertandingan wasit perlu pake rompi anti peluru,” ujar akun @ay**.

Tidak hanya netizen dari kalangan masyarakat biasa, komentar berisi kritikan juga datang dari komika Pandji Pragiwaksono juga turu mengomentari kinerja wasit di laga Persebaya vs Persik.

“Sakit hati pesepakbola kita sudah gue dengar berulang kali dari pemain2nya langsung,” tulis Panji.

“Salah satunya pernah gue tanya “Kalau lo tau kondisinya begini, tetap jadi pesepakbola di Indonesia itu antara heroik atau naif. Yg mana?” Jawabannya “Ga ada pilihan. Saya cuma bisa main bola,” tuturnya.

Di kesempatan lain, keputusan kontroversial dari wasit juga terjadi saat laga Persija vs PSIS.

Pada pertandingan yang digelar di hari yang sama namun dilaksanakan pada malam hari ini berhasil dimenangkan oleh PSIS Semarang dengan skor akhir 2-1.

Akan tetapi, banyak yang menyayangkan kinerja wasit pada pertandingan ini. Pasalnya, wasit malah mengesahkan gol yang dicetak Riyan Ardiansyah padahal itu berbau offside.

Bahkan melalui tayangan ulang, nampak jelas bahwa Riyan memang berada pada posisi offside saat menerima umpan dari Carlos Fortes. Sayangnya, wasit tetap menganggap gol yang tercipta itu tetap sah.

Kemudian keputusan wasit yang kontroversial juga terjadi pada menit ke-75. Saat itu, Persija tengah mendapatkan peluang untuk melancarkan serangan balik. Namun, wasit justru menghentikan itu.

Alasannya, lantaran wasit menilai pemain PSIS melakukan handsball terlebih dulu. Padahal jika melihat dari situasinya, Persija sedang mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Biasanya wasit akan memberikan keuntungan (advantage) bagi tim yang memang dilanggar tapi momen peluang sedang tercipta.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan