Waspada! Gunung Sinabung Kembali Luncurkan Awan Panas

 Karo, Sumatra Utara,- Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi awan panas sejauh satu kilometer pada Jumat siang ini (12/2/2021).

Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara ini memiliki ketinggian mencapai 2.460 meter diatas permukaan air laut (mdpl) dan kini berada pada level Siaga III.

Berdasarkan pantauan dari Kepala Pos Pengamatan Kabupaten Karo, Armen Putra mengatakan luncuran awan panas Gunung Sinabung nampak sangat jelas terpantau menuju arah timur dan tenggara.

Armen juga mengatakan bahwa asap dari kawah memiliki tekanan lemah sampai sedang dan terpantau berwarna putih tebal dengan tinggi 500-100 meter. Tercatat awan panas ini memiliki amplitudo berkisar 38 mm dengan durasi gempa 143 detik.

Ia menambahkan saat itu kondisi cuaca di sekitar Gunung Sinabung dalam keadaan cerah.

” Cuaca cerah berawan. Angin bertiup lemah dari arah barat ke barat laut. Suhu udara mencapai 16-18 derajat” ujar Armen.

Armen juga mengimbau agar warga sekitar dan para petani sementara waktu tidak melakukan aktivitas di desa yang sudah di relokasi serta lokasi yang berada dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

“Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga di minta waspada terhadap bahaya lahar” tegasnya.(ant)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan