Waspada Kucing Kesayangan Kena Rabies! Kenali Tanda-tandanya Berikut Ini

ABOUTSEMARANG – Rabies merupakan penyakit yang sangat serius pada hewan seperti anjing, termasuk kucing, dan dapat menular kepada manusia.

Seperti diketahui, beberapa waktu belakangan marak kasus rabies yang sampai menular ke manusia hingga menyebabkan kematian.

Maka dari itu, mengenali tanda-tanda hewan peliharan terjangkit rabies sangat penting dilakukan. Hal tersebut untuk segera ditangani dan mencegah terjadinya penularan kepada manusia.

Lantas apa saja gejala hewan peliharaan seperti kucing apabila terjangkit rabies?

Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang mungkin terlihat pada kucing yang terkena rabies:

  • Perubahan perilaku: Kucing yang biasanya tenang dan ramah dapat menjadi sangat agresif atau gelisah. Mereka mungkin menggonggong, menggeram, atau menunjukkan tanda-tanda agresif yang tidak biasa.
  • Perubahan pola tidur: Kucing yang terkena rabies dapat mengalami gangguan tidur dan terlihat gelisah atau sangat lesu.
  • Hipersensitivitas terhadap rangsangan: Kucing yang biasanya tidak terganggu oleh suara atau sentuhan ringan dapat menjadi sangat peka terhadap rangsangan tersebut. Mereka mungkin melompat, menggeram, atau menunjukkan reaksi yang berlebihan.
  • Mengejang dan kelemahan: Kucing dengan rabies dapat mengalami serangan kejang atau kelemahan otot yang parah. Mereka mungkin kesulitan berjalan atau bahkan terjatuh.
  • Perubahan suara: Kucing yang terkena rabies dapat mengalami perubahan suara, seperti suara serak atau kesulitan untuk mengeluarkan suara.
  • Kelumpuhan: Rabies dapat menyebabkan kelumpuhan pada kucing, terutama pada bagian belakang tubuhnya. Kucing mungkin kesulitan berdiri atau berjalan dengan koordinasi yang baik.
  • Hipersalivasi: Kucing yang terkena rabies mungkin mengalami peningkatan produksi air liur dan memiliki kesulitan menelan. Hal ini dapat menyebabkan mulut basah atau berbusa.
BACA JUGA :   Kejam! Pemuda di Ambarawa Semarang Tega Cekoki Anak Kucing dengan Miras 'Tuak'

Penting untuk diingat bahwa tanda-tanda ini juga dapat terjadi pada penyakit atau kondisi lainnya, dan hanya seorang profesional medis hewan yang dapat memberikan diagnosis yang akurat.

Jika Anda mencurigai kucing Anda terkena rabies, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan nasihat dan perawatan yang tepat.

Selain itu, penting untuk memastikan kucing Anda mendapatkan vaksinasi rabies secara teratur sebagai langkah pencegahan utama.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan