Waspada Lur! Peringatan Potensi Cuaca Ekstrem Jateng Hingga 2 Januari 2023, Kota Semarang Masuk

ABOUTSEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) keluarkan peringatan cuaca ekstrem mulai hari ini, Sabtu, 31 Desember 2022 hingga Senin, 2 Januari 2023 mendatang.

Seperti diketahui, pada hari ini Sabtu, 31 Desember 2022, Kota Semarang dan sekitarnya dilanda hujan deras disertai angin kencang dan petir sejak pagi.

Potensi hujan deras disertai angin dan petir ini pun akan terjadi hingga 2 Januari 2023 mendatang.

Kepala BMKG Stasiun Meterotologi Ahmad Yani, Sutikno dalam keterangannya mengatakan hasil analisis dinamika atmosfer, adanya pertemuan massa udara dingin dari Asia dengan massa udara panas dari Australia meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia termasuk Jawa tengah.

“Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilatan atau petir dan angin kencang untuk periode 31 Desember – 02 Januari 2023 dapat terjadi di wilayah Jawa Tengah,” kata Sutikno dalam keterangannya, Sabtu, 31 Desember 2022.

Selain Kota Semarang, ada beberapa wilayah yang juga berpotensi diterjang cuaca ekstrem yaitu hujan deras disertai angin dan petir tiga hari ke depan. Berikut daftar wilayahnya.

  • Tanggal 31 Desember 2022

Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Banyumas, Kebumen, Temanggung, Kab/Kota Magelang, Kab/Kota Pekalongan, Batang, Jepara, Demak, Kudus, Pati, Pemalang, Kab. Tegal, Wonogiri, Rembang, Sragen, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Surakarta, Blora, Grobogan, Salatiga, Klaten, Kab/Kota Semarang, Kendal, Purworejo, Karimun Jawa, dan sekitarnya.

  • Tanggal 01 Januari 2023

Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, Wonosobo, Banyumas, Kebumen, Purworejo, Sragen, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Surakarta, Klaten, Jepara, Demak, Pemalang, Kab. Tegal, Kab/Kota Magelang, Kab/Kota Pekalongan, Batang, Kendal, Kab/Kota Semarang, Salatiga, Temanggung, dan sekitarnya.

  • Tanggal 02 Januari 2023
BACA JUGA :   Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya Hari Ini Kamis,15 Februari 2024

Cilacap, Banjarnegara, Banyumas, Kota/Kab. Tegal, Brebes, Kab/Kota Pekalongan, Pemalang, Batang, Kendal, Jepara, Demak, Kab/Kota Semarang, Blora, Grobogan, Kudus, Pati, dan sekitarnya.

Sementara itu, BMKG sendiri juga menghimbau masyarakat agar tetap waspada dengan adanya potensi cuaca ekstrem ini. Mengingat potensi cuaca ekstrem tersebut dapat memicu bencana hidrometeorologi berupa banjir.

“BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, hujan es, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” tegas Sutikno.

Untuk diketahui, sejumlah wilayah di Kota Semarang pada hari ini, Sabtu, 31 Desember 2022 terendam banjir.

Pasalnya, hujan deras disertai angin dan petir melanda hampir seluruh wilayah Semarang dan sekitarnya memicu intensitas air naik dan menyebabkan banjir.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan