Waspada! Penipuan Berkedok Nama Mitra Tokopedia Rugikan Hingga Rp 500 Juta

ABOUTSEMARANG – Wasapada penipuan mengatasnamakan mitra Tokopedia menghebohkan media sosial Twitter.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu Twitter ramai dengan kasus penipuan mengatasnamakan Mitra Tokopedia.

Kasus tersebut diunggah oleh akun atas nama Elwi Gito @elwielwi pada 22 Desember 2022 yang mana pemilik akun menyampaikan kronologi mengenai penipuan yang dilakukan oleh salah satu oknum supervisor Mitra Tokopedia bernama M. Harfi Akbar terhadap dirinya.

Elwi menuliskan bahwa penipuan yang dilakukan kepada dirinya tersebut menyebabkan kerugian mencapai lebih dari Rp 500 juta. Kasus penipuan tersebut pun kemudian viral di media sosial Twitter.

Menanggapi hal tersebut, Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo pun angkat bicara.

Karina Susilo menyayangkan adanya kasus penipuan tersebut dan ia menekankan bahwa kasus itu terjadi di luar dari platform resmi Mitra Tokopedia.

“Tokopedia sangat menyayangkan adanya dugaan penipuan yang dilakukan oknum yang mengatasnamakan Mitra Tokopedia. Di sisi lain, kami ingin menegaskan bahwa transaksi tersebut terjadi di luar platform resmi Mitra Tokopedia,” ujar Karina dalam keterangan resmi, Sabtu, 24 Desember 2022.

Karina menyebut pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak berwajib dalam menangani hal ini. Tokopedia juga akan mengambil tindakan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

“Tokopedia telah mendampingi pihak penjual untuk melaporkan kasus ini kepada pihak berwenang. Kami juga akan terus berupaya bekerja sama dengan kepolisian dalam mengusut kasut tersebut,” katanya.

“Tokopedia mengecam segala bentuk tindakan yang melanggar syarat dan ketentuan penggunaan platform maupun hukum yang berlaku di Indonesia, serta akan mengambil langkah yang dibutuhkan sesuai prosedur,” sambungnya.

BACA JUGA :   Trending! Deddy Corbuzier Terkena Badai Sitokin Saat Negatif Covid-19, Apa Itu?

Akibat adanya kasus tersebut, Karina pun menghimbau agar seluruh pengguna Mitra Tokopedia dapat lebih berhati-hati dan waspada terhadap berbagai penipuan supaya tidak terjadi hal yang serupa.

“Kami pun selalu mengimbau seluruh pengguna Mitra Tokopedia untuk bertransaksi hanya melalui aplikasi resmi Mitra Tokopedia, demi keamanan dan kenyamanan bersama,” tutupnya.

Sebagai informasi, dalam unggahannya, Elwi menjelaskan bahwa sejak awal tahun 2022, toko grosir miliknya telah bekerja sama dengan Mitra Tokopedia sebagai penyedia barang bagi toko-toko lain di Kota Binjai.

Selama bekerja sama, Harfi menawarkan dirinya untuk mengantar barang ke toko pembeli, serta menyetorkan uang ke dirinya.

Ia menyampaikan selama waktu tersebut semua berjalan baik dan uang yang disetor tidak pernah kurang.

Namun, pada 12 November 2022, istri Harfi mengabarkan bahwa suaminya sakit sehingga belum bisa menyetor uangnya. Dan pada 15 November, nomor Harfi sudah tidak bisa dikontak.

Pada 18 November 2022, Elwi bersama perwakilan Mitra Tokopedia di Medan akhirnya melaporkan kasus ini ke Polres Binjai. Laporannya pun sudah diterima oleh polisi, serta kepolisian telah menunjuk dua anggotanya sebagai tim penyelidik.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan