Waspada Potensi Ombak Tinggi Capai 4 Meter di Laut Jawa Bagian Tengah Hingga 3 Januari 2023

ABOUTSEMARANG – Masyarakat dihimbau berhati-hati dengan adanya potensi ombak tinggi di perairan utara Jawa Tengah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sendiri telah memperkirakan adanya potensi ombak dengan ketinggian antara 2,5 hingga 4 meter terjadi di perairan utara Jateng hingga dua hari ke depan.

“Melihat perkembangan dinamika atmosfer terkini, bahwa angin di pesisir utara Jawa Tengah berhembus dari arah barat ke barat laut secara konsisten dengan kecepatan antara 8 hingga 30 knot,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Retno Widyaningsih dalam siaran pers di Semarang, Sabtu, 31 Desember 2022.

Retno menyebut kecepatan angin antara 10 hingga 25 knot dengan tinggi gelombang antara 2,5 meter hingga 4 meter itu diperkirakan terjadi pada 1 dan 2 Januari 2022.

Untuk potensi gelombang tinggi tersebut diperkirakan terjadi di Laut Jawa bagian tengah, perairan Karimunjawa, serta sepanjang perairan Brebes hingga Rembang.

Sementara pada 3 Januari 2023, lanjut dia, potensi gelombang antara 2,5 hingga 4 meter dengan kecepatan angin antara 10 hingga 30 knot atau sekitar 18,5 hingga 56 km per jam diperkirakan terjadi di wilayah Laut Jawa bagian tengah dan sekitar perairan Karimunjawa.

“Tinggi gelombang pada periode tersebut masuk dalam kategori tinggi,” katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat yang beraktivitas di sekitar perairan utara Jawa Tengah untuk mewaspadai potensi cuaca buruk tersebut.

Cuaca ekstrem sendiri melanda wilayah Kota Semarang dan sekitarnya sejak Jumat, 30 Desember hingga Sabtu, 31 Desember 2022.

Hujan yang mengguyur sejak periode itu mengakibatkan banjir dan longsor di sejumlah titik di Ibu Kota Jawa Tengah itu.***

Sharing:

BACA JUGA :   Katib Syuriah PWNU Jawa Tengah, Ahmad Sya'roni Meninggal Dunia Dalam Perjalanan Menuju Lokasi Muktamar ke-34 NU di Lampung

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan