WhatsApp Punya Fitur Baru, Sekarang Transfer Riwayat Percakapan dari Android ke iPhone Jadi Lebih Mudah

ABOUTSEMARANG – WhatsApp resmi menambah fitur baru dengan kemampuan untuk mentransfer riwayat percakapan pengguna dari smartphone Android ke iPhone. Rumor terkait fitur baru tersebut sebelulmnya sempat dibocorkan oleh WABetaInfo.

Hingga pada akhirnya CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam sebuah postingan di Facebook mengonfirmasi rumor tersebut dengan mengumumkan bahwa WA akan memiliki fitur transfer riwayat percakapan dari Android ke iPhone.

“Kami menambahkan ke WhatsApp kemampuan untuk beralih antar ponsel dengan aman dan mentransfer riwayat obrolan, foto, video, dan pesan suara Anda antara Android dan iPhone sambil mempertahankan enkripsi ujung ke ujung,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

“Ini adalah fitur yang paling banyak diminta. Kami meluncurkan kemampuan beralih dari iPhone->Android tahun lalu dan sekarang menambahkan Android->iPhone juga,” imbuhnya

Sementara terkait kemampuan fitur baru tersebut akan diluncurkan dalam versi beta pada hari ini. Meski demikian, tetap akan memakan waktu sekitar satu minggu untuk dapat menjangkau semua pengguna.

Adapun diketahui sebelumnya transfer riwayat percakapan Whatsapp antara Android dan iOS sebelumnya sangat sulit.

Sebab, dibutuhkan aplikasi Move to iOS dipasang di Android agar transfer percakapan (kontak, kalender, sms) bisa terjadi.

Sedangkan pengguna juga paling tidak harus menggunakan Android versi 5 dan iOS 15.5 di iPhone mereka.

Mengutip Tech Crunch, transfer riwayat percakapan hanya bisa dilakukan di iPhone yang baru disetel ulang atau factory reset. Untuk memulainya, pengguna harus membuka aplikasi Move to iOS di ponsel Androidnya lalu mengikuti arahan yang ditampilkan.

BACA JUGA :   WhatsApp Tidak Aktif di Beberapa iPhone Mulai 24 Oktober, Cek Segera Disini

Saat mengukit arahan itu, sebuah kode akan mucul di iPhone pengguna tersebut. Kemudian, mereka akan diingatkan untuk memasukan kode itu ke dalam ponsel Androidnya.

Langkah selanjutnya adalah mengetuk tanda ‘Continue’ atau ‘Lanjutkan’ dan ikuti arahannya. Pada tahap berikutnya, pengguna harus memilih Whatsapp di layar Transfer Data yang muncul.

Kemudian, pengguna bisa mengetuk tanda ‘Start’ atau ‘Mulai’ di ponsel Androidnya. Pengguna kemudian harus menunggu, sementara Whatsapp menyiapkan data yang harus diekspor.

Saat data telah disiapkan, pengguna akan keluar dari ponsel Android. Pengguna harus mengetuk ‘Next’ atau ‘Selanjutnya’ untuk kembali ke aplikasi Move to iOS. Ketuk tanda ‘Continue’ atau ‘Lanjutkan’ untuk mentransfer data dari Android ke iPhone dan tunggu konfirmasi dari Move to iOS bahwa proses telah selesai.

Langkah terakhir, pengguna harus memasang Whatsapp versi terbaru dari App Store lalu masuk (log in) menggunakan nomor yang sama dengan yang digunakan di ponsel lama. Kemudian, pengguna akan diingatkan untuk mengetuk tanda ‘Start’ agar prosesnya selesai.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan