Wow! Mendikbudristek Berikan Putri Ariani Beasiswa ke Juilliard School

ABOUTSEMARANG – Usai mendapat golden buzzer ketika audisi America’s Got Talent 2023, Putri Ariani kini mendapat beasiswa dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Tak tanggung-tanggung, Nadiem Makarim mewujudkan mimpi Putri Ariani untuk melanjutkan pendidikan di The Julliard School melalui Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

The Julliard School merupakan perguruan seni pertunjukan yang berada di New York, Amerika Serikat. Juilliard juga merupakan salah satu sekolah seni pertunjukan paling bergengsi di dunia. Kampus itu telah berdiri sejak lama, tepatnya sejak 1905 silam.

“Inspirasi Putri untuk negara ini luar biasa. Maka dari itu kami ingin merealisasikan mimpi Putri untuk berkuliah di kampus impian Putri, yang seleksinya sangat ketat,” kata Nadiem, Selasa (13/6).

Nadiem dan Putri sempat bertemu secara langsung di Kantor Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Jakarta, pada Jumat (9/6).

Nadiem menawarkan surat rekomendasi untuk memperkuat pendaftaran Putri ke The Julliard School melalui BIM lantaran prestasinya.

Program BIM yang diberikan kepada Putri merupakan beasiswa penuh sekaligus akan membantunya mulai dari persiapan memasuki perguruan tinggi pilihannya.

Putri yang kini duduk di kelas XI instrumen flute ini menyampaikan terima kasih kepada Nadiem dan Kemendikbudristek karena sudah mendukung impiannya untuk berkuliah di tahun depan.

“Terima kasih. Aku senang banget. Soalnya dari kecil impianku mau kuliah di The Julliard School,” kata Putri yang memiliki nama asli Ariani Nisma Putri merupakan seorang siswi difabel SMKN 2 Kasihan Yogyakarta.

Ia pun menceritakan pengalaman luar biasanya dalam menempuh pendidikan dan menekuni talentanya di bidang musik dan tarik suara.

BACA JUGA :   Lirik Lagu Terjemahan ELEVEN IVE, Sempat Puncaki Tangga Lagu Real Time

Putri mengaku memiliki kelebihan pitch perfect yakni dapat mengidentifikasi not musik dengan sempurna hanya dengan mendengar bahkan dirinya bisa menentukan bahwa nada bicara Nadiem berada di C mayor.

Selain itu, Putri mengatakan sangat terbantu dengan pembelajaran sekolah yang membebaskannya dalam memilih sarana belajar yaitu memakai teknologi seperti handphone dan laptop kemudian dibantu screen reader.

Jika berhasil diterima sebagai murid The Juilliard School, Putri akan bersanding dengan sederet musisi hit yang menjadi alumni kampus tersebut. Beberapa di antaranya, Jon Batiste, personel Bon Jovi David Bryan, hingga komposer Martin Kennedy.

Putri Ariani menjadi perbincangan publik setelah meraih golden buzzer di audisi America’s Got Talent (AGT) 2023 Selasa (6/6) waktu AS. Golden buzzer itu diberi Simon Cowell, juri yang dicap ‘pelit’ memberikan hal tersebut.

Putri juga mendapatkan standing applause dari seluruh juri, yakni Simon Cowell, Sofia Vergara, Heidi Klum, dan Howie Mandel. Tepuk tangan meriah juga diberikan oleh para penonton yang hadir, lalu penampilannya menjadi viral setelah diunggah ke internet.

Capaian itu membuat Putri berhak melaju langsung ke babak semifinal AGT 2023. Ia akan bersaing dengan sejumlah kontestan lain dalam ajang pencarian bakat bergengsi tersebut.

Kiprah Putri menuju panggung audisi AGT bukan tiba-tiba. Sejak usia dini, Putri telah lama memupuk bakat menyanyi lewat berbagai panggung dan kompetisi yang ia ikuti. (***)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan