Wow! Udinus Ciptakan Robot Catur Pertama di Indonesia

ABOUTSEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) Semarang berhasil menciptakan robot catur (Roca) pertama di Indonesia dan diberi nama Roca Gen 1.0.

Roca memanfaatkan artificial intelegence (AI) dalam pembuatannya. Roca berhasil diciptakan kerjasama para dosen Dosen Fakultas Tehnik (FT) Udinus dan mahasiswa tergabung dalam Udinus Robotic Club.

Dalam proses uji coba, Roca mampu mengalahkan berbagai pecatur di Udinus, salah satunya Ahmad Riziq yang beberapa waktu lalu meraih prestasi di kancah internasional.

Dekan Fakultas Teknik Udinus, Heru Agus Santosa mengatakan, Roca Udinus diciptakan sebagai langkah untuk memajukan percaturan di Indonesia sekaligus sarana belajar.

“Robot Catur telah ditanamkan kemampuan dari beberapa Grandmaster dunia. Roca juga dikembangkan dengan standar internasional dan terdapat juga papan peraga digital,” kata Heru, Kamis (3/11).

Developer Roca Udinus, Arga Dwi Pambudi menyampaikan, kemampuan dari Roca UDINUS sudah setara dengan Grand Master di tingkat percaturan Indonesia. Dalam proses pengembangan Roca menggunakan sensor magnet untuk mendeteksi pergerakan bidak catur.

“Robot tersebut juga dilengkapi pencapit yang mampu memindahkan bidak-bidak catur. Kalau dalam pergerakan pencapitnya mampu bergerak secara horizontal dan vertikal,” ungkapnya. (***)

Sharing:

BACA JUGA :   Keren! Lima Mahasiswa Udinus Ciptakan Robot Angkut Produksi di Pabrik

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan