Wujudkan Pembangunan Responsif Gender dan Anak, DP3A Semarang Luncurkan Aplikasi Ini

Aboutsemarang.Id,- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang baru saja meluncurkan aplikasi SidoGebang atau Strategi Integrasi Database Gender dalam Pembangunan. Aplikasi ini dirilis dalam rangka wujudkan dan membangun responsif gender dan anak-anak.

Menurut Kepala DP3A Kota Semarang Mukhamad Khadik, adanya aplikasi SidoGebang menjadi fondasi utama bagi penyusunan kebijakan pembangunan dalam skala program maupun kegiatan. Tidak hanya bisa dilihat berdasarkan jenis kelamin saja melainkan juga dirinci dalam kategori tertentu.

“Data dalam perspektif gender merupakan data yang berisi tidak hanya terpilah jenis kelamin, tetapi juga menurut kelompok umur, yang meliputi usia anak, remaja, dewasa atau produktif, dan lansia,” ujar Khadik, Senin 24 Mei 2021.

Menurut Khadik, jika data dipilah menurut jenis kelamin dan umur nantinya menjadi dasar untuk kemudian dilakukan analisa gender dan anak dalam wujud angka statistik.

Sehingga dari hasil statistik itu bisa diketahui perbedaan dan ketidaksetaraan antara perempuan dengan laki-laki serta anak-anak dari segala aspek kehidupan.  Inipun nantinya bisa menjadi solusi mengatasi ketidaksetaraan gender yang kerap terjadi.

Sementara itu, Kepala Seksi Data dan Informasi Gender DP3A Kota Semarang Prihatiningsih mengatakan, tersedianya data gender dan anak jadi elemen pokok bagi terselenggaranya pengarusutamaan gender dan pemenuhan hak anak (PUHA)

Prihatiningsih juga berharap nantinya aplikasi SidoGebang akan menyediakan data gender lebih cepat, tepat dan terpadu sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan pembangunan yang responsif gender.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan