Yayasan Sulaimaniyah Gelar Khataman Kubro di MAJT, Ada yang Hafal Al-Quran 5 Bulan

ABOUTSEMARANG – Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah Jawa Tengah menggelar khataman kubro 30 juz bil ghoib di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Sabtu (7/1/2023).

Pimpinan yayasan tahfidz Sulaimaniyah Semarang, Ustadz Dede Syarif Hidayatullah menjelaskan jika kegiatan khataman kubro ini diikuti oleh 20 santri yang dipilih dari berbagai cabang pondok pesantren di Jawa Tengah.

Yayasan tahfid Sulaimaniyah melakukan khataman 30 juzz bagi 20 santri dari berbagai cabang di Jawa Tengah.// dok about semarang

“Peserta khataman kubronya datang dari berbagai cabang di Jawa Tengah,” ujar Dede Syarif kepada aboutsemarang.

Menurut Syarif, kegiatan khataman kubro ini digelar bekerja sama dengan pihak takmir MAJT dalam rangka persiapan memasuki 3 bulan yang mulia dalam islam.

“(Yakni) Bulan rajab, syaban dan Ramadhan, supaya mendapatkan keberkahan dari Al-quran,” tambahnya.

Adapun teknis dalam khataman kubro ini, menurut Syarif yakni setiap peserta membaca 30 juz dalam satu kali duduk dengan dihafal.

“Dengan membagi kelompok kecil, bacaan mereka didengarkan oleh ustadz penghafal Al-quran dari Sulaimaniyah,” sambungnya.

Menurut Syarif dari sebanyak 20 peserta, beberapa diantaranya berhasil menghafalkan Al-Quran hanya dalam beberapa bulan.

“Peserta atas nama Muhammad Nabil dapat mengkhatamkan 30 juz Al-Quran hanya dalam 5 bulan 17 hari, sedangkan atas nama Taqiyya Awwab Thalut Els memerlukan waktu 210 hari atau 7 bulan untuk bisa khatam sekaligus menghafal Al-quran,” ungkap Syarif yang juga penghafal Al-quran lulusan Turki ini.

Syarif menambahkan, perlu keseriusan dan ketekunan untuk bisa menghafalkan kitab suci umat Islam ini. Rata-rata dibutuhkan 1 tahun agar bisa menghafal 114 surat dan 30 juz Al-quran.

BACA JUGA :   Rumah Zakat Salurkan 500 Paket Wakaf Al-Qur'an Bagi Warga di 5 Desa

“Kebanyakan bisa menghafal Al-quran dengan waktu 1 tahun 10 bulan,” ujarnya.

Sementara, Yayasan Tahfidz Sulaimaniyah juga menggelar Bazar amal di halaman Masjid Agung Jawa Tengah.

Bazar Amal yang digelar bersamaan dengan khataman kubro 30 juzz ini menyediakan makanan khas Turki.

Bazar amal digelar di halaman Masjid Agung Jawa Tengah yang menyajikan makanan khas Turki.// dok about semarang

“Seluruh keuntungan dari bazar amal ini untuk operasional pondok Sulaimaniyah,” pungkas Syarif.

Video bisa lihat di bawah ini

(ard)

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan