Potret Banjir Semarang di Sejumlah Wilayah yang Terjadi dari 31 Desember 2022-7 Januari 2023

ABOUTSEMARANG – Artikel ini berisi potret kondisi Banjir Semarang selama seminggu terakhir yang terjadi dari tanggal 31 Desember 2022 hingga hari ini, 7 Januari 2023.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun tim About Semarang, beberapa wilayah di Kota Semarang tergenang banjir akibat dampak dari cuaca ekstrem yang menerjang Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Tak hanya kerugian secara material, banjir di Semarang juga memakan korban jiwa dan mengakibatkan sejumlah warga terpaksa mengungsi.

Berikut beberapa potret banjir yang terjadi di Semarang selama seminggu terakhir:

Potret Banjir Semarang di Stasiun Tawang yang menyebabkan beberapa jadwal kereta api terpaksa dibatalkan dan perjalanan kereta api juga terhambat

Petugas stasiun memindahkan kursi tunggu penumpang yang terendam banjir di selasar tunggu Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2022). Banjir yang merendam stasiun dengan ketinggian air bervariasi 15-70 cm akibat intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (31/12) dini hari itu menyebabkan sejumlah aktivitas pelayanan stasiun terganggu serta sejumlah rute perjalanan kereta api mengalami keterlambatan baik kedatangan maupun keberangkatan. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Potret Banjir Semarang di Kota Lama menyebabkan beberapa bangunan bersejarah terendam banjir

Warga mendorong sepeda motornya yang mogok di jalan yang terendam banjir di Kawasan Cagar Budaya Nasional Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2021). Sejumlah jalan di kawasan cagar budaya nasional dengan julukan “Little Netherland” yang dibangun pada masa pemerintahan Kolonial Belanda sekitar abad ke-18 itu terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara sekitar 20-60 cm akibat intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (31/12) dini hari. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Pengendara sepeda motor menembus banjir yang merendam Kawasan Cagar Budaya Nasional Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2021). Sejumlah jalan di kawasan cagar budaya nasional dengan julukan “Little Netherland” yang dibangun pada masa pemerintahan Kolonial Belanda sekitar abad ke-18 itu terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara sekitar 20-60 cm akibat intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (31/12) dini hari. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Foto udara suasana banjir yang merendam jalan di sekitar Museum Kota Lama di Kawasan Cagar Budaya Nasional Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2021). Sejumlah jalan di kawasan cagar budaya nasional dengan julukan “Little Netherland” yang dibangun pada masa pemerintahan Kolonial Belanda sekitar abad ke-18 itu terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara sekitar 20-60 cm akibat intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (31/12) dini hari. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Potret Banjir Semarang yang menyebabkan arus lalu lintas di sejumlah lokasi di Kota Semarang termasuk di Jalan Pantura Semarang menjadi padat dan terhambat

Foto udara sejumlah kendaraan terjebak kemacetan akibat banjir yang merendam persimpangan Tlogosari-Arteri Soekarno Hatta, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2022). Banjir yang merendam sejumlah jalan alternatif maupun protokol di Kota Semarang dengan tinggi banjir bervariasi 30-60 sentimeter tersebut akibat intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (31/12) dini hari yang menyebabkan lalu lintas serta aktivitas masyarakat terganggu. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Warga membantu mengevakuasi sepeda motor yang mogok akibat banjir yang merendam Jalan Arteri Soekarno Hatta, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2022). Banjir yang merendam sejumlah jalan alternatif maupun protokol di Kota Semarang dengan tinggi banjir bervariasi 30-60 sentimeter tersebut akibat intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (31/12) dini hari yang menyebabkan lalu lintas serta aktivitas masyarakat terganggu. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Seorang warga membantu mengatur lalu lintas yang tersendat akibat banjir yang merendam Jalur Pantura Kaligawe-Genuk, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2021). Sejumlah titik ruas jalur tersebut dari arah Kota Semarang ke arah Kabupaten Demak maupun sebaliknya hingga Sabtu (31/12) pukul 19:30 WIB terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara 30 – 80 cm akibat intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (31/12) dini hari. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Foto udara sejumlah truk menembus banjir yang merendam Jalur Pantura Kaligawe-Genuk, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (31/12/2021). Sejumlah titik ruas jalur tersebut dari arah Kota Semarang ke arah Kabupaten Demak maupun sebaliknya hingga Sabtu (31/12) pukul 19:30 WIB terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara 30 – 80 cm akibat intensitas hujan tinggi sejak Sabtu (31/12) dini hari. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Sejumlah kendaraan menerobos jalan yang tergenang banjir di jalan Jalur Pantura Desa Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Minggu (1/1/2023). Banjir akibat curah hujan tinggi itu menyebabkan kemacetan dari arah Kudus menuju Semarang dan sebaliknya. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.

Warga menggunakan perahu ban melewati jalan yang tergenang banjir di jalan nasional jalur Pantura (Pantai Utara) Desa Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (3/1/2023). Banjir akibat curah hujan tinggi tersebut menyebabkan kemacetan dari arah Kudus menuju Semarang dan sebaliknya sejak Minggu 1/1/2023. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.

Sejumlah kendaraan menerobos jalan yang tergenang banjir di jalan nasional jalur Pantura (Pantai Utara) Desa Jati Wetan, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (3/1/2023). Banjir akibat curah hujan tinggi tersebut menyebabkan kemacetan dari arah Kudus menuju Semarang dan sebaliknya sejak Minggu 1/1/2023. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.

Potret Banjir Semarang: evakuasi warga yang dilakukan oleh petugas saat banjir terjadi

Sejumlah karyawan RS Sultan Agung menumpang truk evakuasi BPBD Semarang untuk dapat menembus banjir yang merendam Jalur Pantura Kaligawe-Genuk, Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/1/2023). Sejumlah armada angkut evakuasi seperti truk, kendaraan luar jalan (off road), perahu karet dari BPBD Kota Semarang, TNI-Polri serta sejumlah komunitas relawan disiagakan untuk mengevakuasi warga dengan prioritas warga lanjut usia wanita, anak-anak, karyawan serta pasien rumah sakit yang terisolir banjir di jalur tersebut. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Sejumlah relawan menurunkan pasien RS Sultan Agung dari truk evakuasi BPBD Semarang usai menembus banjir yang merendam Jalur Pantura Kaligawe-Genuk, Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/1/2023). Sejumlah armada angkut evakuasi seperti truk, kendaraan luar jalan (off road), perahu karet dari BPBD Kota Semarang, TNI-Polri serta sejumlah komunitas relawan disiagakan untuk mengevakuasi warga dengan prioritas warga lanjut usia wanita, anak-anak, karyawan serta pasien rumah sakit yang terisolir banjir di jalur tersebut. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Warga terdampak banjir mengungsi di lantai dua Masjid Jami’ Baitul Mannan, Kelurahan Trimulyo, Genuk, Semarang, Jawa Tengah Senin (2/1/2023). Puluhan jiwa yang mengungsi di sejumlah titik di kelurahan tersebut mengaku membutuhkan logistik obat-obatan, makanan siap santap, baju laik pakai serta selimut akibat masih terisolir dari banjir yangmerendam permukiman mereka dengan ketinggian bervariasi antara 40 – 90 cm akibat intensitas hujan tinggi pada Sabtu (31/12/2022) dini hari. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Personel TNI-Polri dan tim kesehatan melakukan patroli dengan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terisolir banjir yang merendam Jalur Pantura Kaligawe-Genuk, Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/1/2023). Sejumlah armada angkut evakuasi seperti truk, kendaraan luar jalan (off road), perahu karet dari BPBD Kota Semarang, TNI-Polri serta sejumlah komunitas relawan disiagakan untuk mengevakuasi warga dengan prioritas warga lanjut usia wanita, anak-anak, karyawan serta pasien rumah sakit yang terisolir banjir di jalur tersebut. ANTARA FOTO/Aji Styawan/wsj.

Potret Banjir Semarang yang terjadi di Perumahan Dinar Indah, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah yang memakan korban jiwa

Seorang warga menembus jalan yang terendam banjir di Perumahan Dinar Indah, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2023). Banjir bandang yang mencapai 2,5 meter itu menyebabkan satu korban jiwa dan sekitar 45 kepala keluarga di perumahan tersebut mengungsi akibat luapan Sungai Babon-Pengkol yang tak mampu menampung debit air hujan berintensitas tinggi pada Jumat (6/1) sejak pukul 13:00 WIB serta adanya tanggul yang jebol pada pukul sekitar 15:30 WIB. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Warga korban banjir bandang mengungsi di Masjid Ar Rohman, Perumahan Dinar Indah, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2023). Banjir bandang yang mencapai 2,5 meter itu menyebabkan satu korban jiwa dan sekitar 45 kepala keluarga di perumahan tersebut mengungsi akibat luapan Sungai Babon-Pengkol yang tak mampu menampung debit air hujan berintensitas tinggi pada Jumat (6/1) sejak pukul 13:00 WIB serta adanya tanggul yang jebol pada pukul sekitar 15:30 WIB. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Warga melakukan penjagaan di Perumahan Dinar Indah yang terendam banjir bandang di Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2023). Banjir bandang yang mencapai 2,5 meter itu menyebabkan satu korban jiwa dan sekitar 45 kepala keluarga di perumahan tersebut mengungsi akibat luapan Sungai Babon-Pengkol yang tak mampu menampung debit air hujan berintensitas tinggi pada Jumat (6/1) sejak pukul 13:00 WIB serta adanya tanggul yang jebol pada pukul sekitar 15:30 WIB. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Personel Sat-Brimob Polda Jateng mengevakuasi seorang anak dari banjir bandang yang melanda Perumahan Dinar Indah, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (6/1/2023). Banjir bandang yang mencapai 2,5 meter itu menyebabkan satu korban jiwa dan sekitar 45 kepala keluarga di perumahan tersebut mengungsi akibat luapan Sungai Babon-Pengkol yang tak mampu menampung debit air hujan berintensitas tinggi pada Jumat (6/1) sejak pukul 13:00 WIB serta adanya tanggul yang jebol pada pukul sekitar 15:30 WIB. ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

 

BACA JUGA :   Masih Banyak yang Kosong, Wali Kota Semarang Siapkan Lelang Jabatan Kepala OPD

Mohon doa terbaik Anda untuk Kota Semarang dan warga yang terdampak banjir di sejumlah wilayah.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan