Sejumlah Bus di Semarang Diperiksa Kelayakannya, Polisi Turut Beri Himbauan Ini

ABOUT SEMARANG – Polrestabes Semarang melakukan “ramp check” atau pemeriksaan kondisi sejumlah bus di terminal bayangan Banyumanik, Kota Semarang pada Sabtu (18/5/2024).

Dalam pemeriksaan tersebut, pihak kepolisian juga turut mengimbau para penumpang bus agar berani menegur awak bus apabila berkendara ugal-ugalan. Pasalnya, hal tersebut dapat membahayakan orang-orang yang diangkut maupun kendaraan bermotor lainnya.

“Penumpang diminta berani mengingatkan pengemudi bus yang berkendara ugal-ugalan atau membahayakan,” kata Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Yunaldi saat pelaksanaan ramp check di terminal bayangan Banyumanik, Semarang, Sabtu (18/5/2024).

Selain memeriksa kondisi kelayakan bus, lanjut dia, pihaknya juga turut memberikan perhatian kepada para pengemudi bus. Hal tersebut didasarkan atas sejumlah peristiwa bus yang melaju ugal-ugalan di jalan raya.

Adapun sejumlah bus yang diperiksa kelayakannya di terminal bayangan Banyumanik, kata Yunaldi, terdiri dari bus pariwisata maupun bus umum.

Ia menjelaskan pemeriksaan tersebut merupakan upaya jemput bola kepolisian dan pemangku kepentingan lainnya dalam memastikan kelayakan kendaraan umum yang dioperasikan itu

“Dilakukan di Banyumanik karena memang banyak bus yang menaikkan penumpang di tempat ini dengan tujuan berbagai wilayah,” tuturnya.

Terkait pemeriksaan, Yunaldi menjelaskan, tidak hanya dilakukan terhadap fisik bus, namun juga kondisi kesehatan pengemudi-nya. Selama pemeriksaan, dia turut mengimbau para awak bus agar kondisi suku cadang bus selalu diperhatikan.

“Kalau memang harus diganti suku cadangnya, ganti dengan yang sesuai standar-nya,” tegasnya.

Sebelumnya, kepolisian melakukan upaya masif berupa “ramp check” atau pemeriksaan terhadap seluruh bus yang beroperasi di wilayah Jawa Tengah sebagai tindak lanjut atas kecelakaan lalu lintas bus pengangkut siswa peserta anjangkarya di Subang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Pengecekan dilakukan terhadap bus milik perusahaan besar maupun kecil.***

Sharing:

BACA JUGA :   KAI Semarang Catat Sebanyak 17.991 Penumpang per Hari Turun di Stasiun Daop 4

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan