5 Rekomendasi Wisata Hidden Gem di Semarang yang Instagramable dan Family Friendly

ABOUTSEMARANG – Musim liburan sekolah memang menjadi salah satu moment untuk bisa menghabiskan waktu bareng keluarga.

Berbagai cara untuk berbagi moment bareng keluarga juga bisa dilakukan salah satunya mengunjungi tempat-tempat wisata.

Di Semarang ada beberapa destinasi wisata yang tidak hanya menarik untuk dikunjungi bareng keluarga.

Eits, jangan salah, wisata di Semarang juga tidak hanya Kota Lama, Lawang Sewu dan lain sebagainya loh.

Beberapa wisata ini juga ternyata banyak diminati karena tidak hanya bisa menghilangkan rasa penat namun juga Instagramable banget.

Berikut beberapa wisata Hidden Gem di Semarang yang cocok buat menghabiskan waktu liburan dan pastinya antimainstream.

  1. Sumurup Rawa Pening

Destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi saat liburan yaitu Sumurup Rawa Pening.

Lokasi wisata ini cukup unik lantaran berada di pinggir Danau Rawa Pening, Telego, Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50181.

Sumurup Rawa Pening tidak hanya menawarkan keindahan alam yang cantik dan spot foto yang Instagramable.

Namun ada juga spot mancing yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin mencoba sensasi memancing di Rawa Pening.

Tidak hanya itu, di daerah ini juga terdapat beberapa tempat makan yang berada di atas air dan menyajikan berbagai hidangan olahan ikan hasil tangkapan dari Rawa Pening.

Apabila beruntung, Anda juga dapat menyaksikan kereta wisata milik KAI yang melintas dari Stasiun Ambarawa menuju ke Stasiun Tuntang atau sebaliknya.

Untuk tarif masuk kawasan wisata Sumurup Rawa Pening ini sendiri hanya dipatok biaya parkir.

Tapi untuk biaya di spot memancing dan rumah makan, pengunjung akan dikenakan biaya tersendiri.

  1. Jembatan Biru Sumurup Rawa Pening
BACA JUGA :   Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Naik? PT TWC Minta Tunggu Pengumuman Resmi

Wisata satu ini masih dalam satu wilayah dengan Sumurup Rawa Pening namun berbeda dusun.

Jembatan Biru berlokasi di Jalan Dusun Sumurup, Tuntang, Asinan, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661.

Wisata satu ini menawarkan keindahan alam Rawa Pening dengan mengajak pengunjung melintasi jembatan berwarna biru yang telah terpasang mengarah ke Rawa Pening.

Tak hanya pemandangan rawa, di wisata ini pengunjung juga akan disuguhkan keindahan dari pengunungan yang mengelilingi Rawa Pening.

Spot foto cantik dan Instagramable tidak hanya menjadi salah satu yang ditawarkan tempat wisata ini. Pasalnya, ada juga wisata menaiki perahu yang memberikan sensai unik bagi pengunjung yang ingin berkeliling Rawa Pening.

Untuk tarif masuk kawasan Jembatan Biru hanya dikenakan biaya parkir, namun apabila ingin mencoba menaiki perahu, pengunjung akan dikenakan tarif sebesar Rp.35.000 hingga Rp.150.000.

Sementara untuk tarif termahal itu sendiri pengunjung akan dibawa menelusuri kawasan Rawa Pening hingga kawasan Bukit Cinta yang terletak di Kecamatan Banyubiru, Semarang.

  1. Muncul Fun Tubing

Wisata di Semarang yang saat ini tengah hits selanjutnya ada Muncul Fun Tubing.

Muncul Fun Tubing berlokasi di Jalan Bukit Muncul, Rowoganjar, Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 14022.

Adapun wisata alam satu ini menawarkan sensasi kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban.

Untuk sungai yang menjadi lokasi river tubing sendiri tergolong tenang. Sehingga para pengunjung tidak hanya dapat menikmati sensasi mengarungi sungai tapi juga akan disuguhkan keindahan alam Dusun Muncul selama berkegiatan.

Sementara untuk tarif wisata ini menggunakan sistem paket wisata. Ada beberapa paket yang ditawarkan dengan fasilitas yang berbeda-beda.

Namun dari semua paket itu sendiri menawarkan wisata menyusuri sungai dengan dibagi berdasarkan panjang sungai yang disusuri. Untuk short class dengan jarak tempuh 1,5 km yang berdurasi 30-40 menit paket yang ditawarkan mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 170 ribu.

BACA JUGA :   Segar Manis Es Selendang Mayang Khas Betawi

Sedangkan untuk long class dengan jarak tempuh 2 km yang berdurasi 40-50 menit paket yang ditawarkan mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 180 ribu.

  1. Kampung Flora Wonolopo

Mari beralih ke wisata dalam Kota Semarang. Di Kota Atlas juga ternyata memiliki beberapa wisata menarik yang bisa dikunjungi loh.

Salah satunya Kampung Flora Wonolopo. Wisata ini berlokasi di Jalan Sumbersari, RT.03/RW.10, Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah 50215.

Kampoeng Flora Wonolopo merupakan salah satu kampung tematik yang mengangkat tanaman hias sebagai produk UMKM unggulannya.

Bagi Anda yang menyukai tanaman hias namun sedang berada di Kota Semarang, bisa membeli tanaman hias di Kampung Flora Wonolopo ini.

  1. Wisata Koetatoea Semarang

Destinasi wisata satu ini menawarkan keunikan dengan menghadirkan suasana ala Eropa.

Tentu, wisata yang berlokasi di Jalan Brigjen Sudiarto, Kecamatan Pedurungan ini memiliki spot-spot foto yang unik dan Instagramable.

Tak hanya berfoto, pengunjung juga bisa berburu aneka hidangan mulai dari hidangan Nusantara hingga Korea, Italia, dan Jepang.

Harga menu di Koetatoea, lanjutnya, berkisar dari Rp 4.000 sampai Rp 80.000.

Adapun beberapa menu makanan Italia, antara lain Spaghetti Brulee, Lasagna, Croffle, Zuppa Soup, aneka pizza, dan stik mozzarella.

Sementara itu, menu makanan Jepang, di antaranya Dori Spicy Mayo, Gurita Hot Chili, Bakso Teppan Ori, dan Chicken Sauted Ori.

Selanjutnya ada kuliner khas Nusantara, seperti Ayam Bakar Bumbu Rujak, Nasi Bakar Ayam Jamur, Sate Tulang Ayam, Nasi Bakar Original, dan lainnya.

Setelah puas menikmati hidangan, pengunjung bisa berfoto dengan latar ruko-ruko unik yang didominasi warna cerah dan lembut. Ada juga dekorasi seperti sepeda dan aneka lampu.

BACA JUGA :   Cocok untuk Sarapan! 6 Rekomendasi Warung Soto Semarang Legendaris, Buka Pagi Hingga Malam

Bila ingin berkeliling ke sejumlah kawasan wisata di sekitar Koetatoea, pengelola juga menyediakan fasilitas tur menggunakan mobil kuno, dengan harga sewa mulai Rp 350.000 per mobil.

Adapun satu mobil bisa diisi oleh 4-5 orang. Satu kali putaran, pengunjung akan diajak jalan-jalan dari Koetatoea ke Kota Lama, lalu Lawang Sewu, dan kembali ke Koetatoea.

Sebagai informasi, Koetatoea dapat dikunjungi secara gratis.

Itu tadi informasi mengenai 5 rekomendasi wisata Hidden Gem yang ada di Semarang dan cocok buat menghabiskan waktu liburan. Semoga bermanfaat.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan