Pasca Gempa Turki dan Suriah, Pemprov Jateng Siapkan Bantuan Kemanusiaan

ABOUTSEMARANG – Bantuan kemanusiaan untuk korban maupun penanganan gempa bumi di Turki dan Suriah terus berdatangan, tak terkecuali dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng).

Diketahui, Pemprov Jateng kini tengah menyiapkan sejumlah bantuan kemanusiaan untuk nantinya dikirim ke wilayah terdampak gempa bumi di Turki dan Suriah.

“Kami siapkan bantuan kemanusiaan, termasuk dari Baznas Jateng sebesar Rp100 juta dan ada bantuan dari perusahaan swasta, serta para alumni yang pernah belajar di Suriah,” kata Wakil Gubernur Jatenh Taj Yasin Maimoen di Semarang, Kamis, 9 Februari 2023.

Wagub turut mendoakan agar warga Turki dan Suriah yang menjadi korban diberi ketabahan serta kesabaran dalam menghadapi musibah tersebut.

“Kami tentu berdoa kepada kawan-kawan, saudara-saudara kita yang ada di negara Turki, maupun di negara-negara Suriah, semoga diberi ketabahan, diberi kesabaran,” ujarnya.

Berdasarkan informasi ulama dari Suriah, Syekh Taufik Ramadhan Al Buthi, Wagub mengungkapkan saat ini masih terus dilakukan upaya penyelamatan korban karena masih banyak yang tertimpa bangunan.

“Sebagian besar rumah warga Turki dan Suriah berbentuk rumah susun, sehingga banyak korban gempa yang tertimbun,” katanya.

Sementara itu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) terkait dengan kemungkinan adanya warga negara Indonesia asal Jateng yang menjadi korban gempa bumi di Turki.

“Kami masih koordinasi terus menerus mengenai informasi apakah ada WNI asal Jawa Tengah yang turut menjadi korban gempa,” ujarnya.

Ganjar meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng agar terus memonitor kabar dan informasi terkini mengenai penanganan gempa bumi di Turki.

BACA JUGA :   Waktu Tunggu Haji di Jawa Tengah Hingga 31 Tahun, Ini Harapan Pemerintah

Adapun sebelumnya diberitakan gempa bumi bermagnitudo 7,7 melanda Distrik Pazarcik di Provinsi Kahramanmaras dan mengguncang hebat sejumlah provinsi lain, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Ormaniye, Hatay, dan Kilis di Turki pada Senin dinihari, 6 Februari 2023.

Diketahui gempa bumi tersebut tidak hanya terjadi di Turki, namun juga mengguncang wilayah Suriah.***

Sharing:

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan